Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Malang Gelar Rikkes Berkala


MALANG - Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, menggelar kegiatan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala zona 4 tahun 2024 di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang pada Rabu (10/1/2024). Kegiatan ini diimplementasikan sebagai langkah proaktif guna memastikan kesehatan optimal personel dalam rangka mempersiapkan diri menjelang pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, menjelaskan bahwa Rikkes berkala merupakan salah satu upaya nyata Kepolisian dalam memberikan layanan kesehatan menyeluruh terhadap anggotanya. Tujuannya adalah agar seluruh personel tetap dalam kondisi prima saat menjalankan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya.

Pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya melibatkan anggota Polri, tetapi juga melibatkan seluruh pejabat utama, kapolsek, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Polres Malang beserta Polsek jajaran. Sebanyak 222 personel turut serta dalam kegiatan ini, menjalani pemeriksaan yang melibatkan pengambilan sampel darah dan urin, pemeriksaan kesehatan gigi dan mata, rekam jantung, hingga tes kesehatan jiwa.

"Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan secara berkala dan menyeluruh guna memastikan bahwa kondisi kesehatan personel tetap terkontrol, terutama menjelang pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024," ujar Ipda Adnan di Polres Malang, Rabu (10/1).

Selain memberikan pemahaman mengenai kondisi kesehatan, kegiatan Rikkes ini juga menjadi momentum untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan secara menyeluruh bagi personel yang memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas keamanan di masyarakat.

Diharapkan, dengan melibatkan seluruh unsur kepolisian dalam kegiatan ini, tingkat kesehatan dan kebugaran personel dapat ditingkatkan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024 dengan optimal dan responsif terhadap berbagai situasi yang mungkin timbul.

“Harapannya melalui pemeriksaan kesehatan ini, pelaksanaan tugas di lapangan dapat lebih optimal dalam rangka memberi rasa aman masyarakat,” pungkasnya. (DB).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama