Cegah Kriminalitas Malam Minggu, Polres Tabanan Gelar Blue Light Patrol Gabungan Tiga Pilar


Tabanan-Personil Polres Tabanan melakukan patroli blue light. Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dan meminimalisir tindak kriminalitas dengan patroli blue light di wilayah hukum Polres Tabanan, Sabtu ( 2/12/2023 ).


Blue light patrol pada daerah-daerah yang rawan tindak kriminal pada malam hari. sudah terbukti sangat efektip mencegah gangguan Kamtibmas dan kriminalitas,  dengan melihat ada polisi patroli otomatis akan mengurungkan niat untuk melakukan tindakan menggagu  kamtibmas atau kriminalitas  seperti pencurian, pemerasan, pencopetan, perjudian dan lain - lain. 


Malam ini, Sabtu ( 2/12/2023 ), route Blue Light Patrol Polres Tabanan gabungan tiga pilar yaitu menyambangi kantor penyelenggara pemilu dan  menyusuri pemukiman penduduk yang sebelumnya menyambangi Objek Vital yakni komplek pertokoan, Pasar, Perkantoran, Perbankan, SPBU, Perumahan Penduduk dan Bypass Ir, Sukarno, dimana Jalur Bypass sering dijadikan ajang trek - trekan saat malam minggu atau menjelang subuh oleh anak - anak muda. 


Adapun personil yang terlibat Blue Light Patrol malam ini terdiri dari, gabungan piket Fungsi ( Samapta, Lantas, Obvid, Reskrim dan Intel ) Polres Tabanan dengan jumlah sebanyak 16 orang ( 12 personil Polres, 2 personil TNI dan 2 personil SatPol PP ) 


Sedangkan Kedaraan  yang digunakan meliputi, 3 Unit Spm Raimas Polres Tabanan, 1 Unit Mobil patroli Sat Lantas Polres Tabanan, 1 Unit Mobil Doble Cabin Dalmas Polres Tabanan, 1 Unit mobil Sat Pamobvit Polres Tabanan, 1 Unit mobil patroli Sat Samapta


Selain antisipasi situasi Kamtibmas menjelang pemilu, juga antisipasi tindak kejahatan meresahkan seperti curat, curas dan curanmor, kegiatan Patroli Blue Light juga mengantisipasi adanya aksi premanisme, penyakit masyarakat dan menindak secara Humanis pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm. 


Seijin Kapolres Tabanan AKBP Leo  Dedy  Defretes, S.H., S.I.K., M.H. Pawas Ipda I Gusti Made Airmanta mengatakan bahwa Blue Light Patrol yang dilaksanakan oleh Polres Tabanan merupakan salah satu upaya Preventif agar Kamtibmas di Wilkum Polres Tabanan tetap terpelihara aman dan kondusif. 


“Patroli Blue Light adalah patroli yang biasanya kita lakukan rutin setiap malam, kami rasa Patroli Blue Light sangat efektif untuk mencegah kriminalitas dan gangguan kamtibmas, ungkap Ipda Airmanta. 


Ditambahlan oleh Ipda Airmanta bahwa dengan patroli yang dilakukan secara rutin setiap malam, merupakan salah bentuk kehadiran Polisi di masyarakat, yang akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat  saat beristirahat dimalam hari.


“Anggota yang melaksanakan Patroli saat menyambangi warga juga menyempatkan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan bersama - sama menjaga keamanan wilayahnya masing-masing dari tindak kejahatan ataupun penyakit masyarakat,” Imbuh Ipda Airmanta. 


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama