Maknai Hari Galungan, Personel Polsek Blahbatuh Gotong Royong Membuat Penjor


Gianyar-Fungsi atau makna penjor Galungan dalam kegiatan upacara dan hari raya agama Hindu di Bali, berkaitan erat dengan Galungan melambangkan pertiwi bhuwana Agung dan simbol gunung yang memberikan kesejahteraan dan keselamatan. Lambang pertiwi digambarkan sebagai bentuk wujud naga Basuki dan Ananta Boga.


Jadi Penjor di Bali berfungsi sebagai sarana perlengkapan upakara yang memiliki nilai sakral dan dalam pembuatannya harus memperhatikan unsur-unsur ataupun alat-alat yang dipakai melengkapi penjor tersebut. Penjor bisa dibuat seindah atau seseni mungkin sesuai dengan kemampuan, atau bahkan dibuat dengan sederhana sesuai kemampuan, situasi dan kondisi, namun yang tidak bisa dikurangi adalah unsur perlengkapannya.


Dalam memaknai hari Raya Galungan, personel Polsek Blahbatuh bergotong membuat Penjor di hari Penampahan Galungan, Selasa/1 Agustus 2023 sore.Kegiatan dilaksanakan oleh personel Piket Fungsi dan Siaga selepas pelaksanaan kegiatan rutin.


Seijin Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada,S.I.K, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. mengatakan dengan semangat kebersamaan personel kompak dalam melaksanakan gotong royong.


"Hal sebagai wujud Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dalam menyambut Hari Raya Galungan sekaligus guna memupuk rasa kebersamaan antar anggota, Astungkara kegiatan berjalan dengan aman dan lancar berkat kekompakan dari anggota, ujarnya. 


Lebih lanjut Kapolsek menambahkan bahwa Penjor yang selesai dihias ditempatkan di depan Mako Polsek Blahbatuh.


"Selesai dihias oleh Anggota, Penjor dipasang di depan kantor Polsek Blahbatuh tepatnya di sebelah kanan pintu masuk dengan posisi sanggah atau lengkung dari penjor mengarah ke jalan" tambah Kompol I Made Tama. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama