Wakapolres Klungkung Berikan Pembinaan Etika Profesi Polri



Bali-Dalam Rangka Pencegahan Prilaku Menyimpang dan Pelanggaran Personel Polri Kepada Seluruh Personel yang berpangkat Bripda

Bertempat di Aula Jalaga Dharma Pandhapa Polres Klungkung, Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan Melaksanakan Sosialsiasi Pembinaan Etika Profesi Polri Dalam Rangka Pencegahan Prilaku Menyimpang dan Pelanggaran Personel Polri Kepada Seluruh Personel yang berpangkat Bripda 

Dihadiri oleh Kabag SDM Kompol I Nengah Sukerna, Kasi Propam Iptu I Gusti Lanang Putra  dan Kasi Was Iptu I Gede Supartha serta Seluruh Personel yang berpangkat Bripda, Senin, 26/6/2023

Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan menyampaikan Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat rahmat beliau kita dapat berkumpul dalam kegiatan Pembinaan etika profesi dalam rangka pencegahan perilaku menyimpang dan pelanggaran personil Polri.

Dengan situasi dan kondisi saat ini adapun atensi-atensi pimpinan yang perlu saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terkait dengan kebijakan pimpinan tentang program Kapolri terkait bergaya hidup mewah atau hedonis, Jadi kita sebagai anggota polri tidak boleh menampilkan gaya hidup yang berlebihan apalagi di upload di media sosial. Selain gaya hidup mewah jangan juga menampilkan hal-hal yang sensitif dan tidak baik di media sosial.


Wakapolres menambahkan Sesuai dengan aturan dinas juga untuk personil yang bertugas di Polsek Nusa Penida dari perekrutan sudah masuk jalur PPKT jadi sudah terikat untuk bertugas di Polsek Nusa Penida selama 10 tahun baru bisa mengajukan untuk pindah. 


Kemudian terkait dengan kedisiplinan diharapkan adik-adik Bripda untuk hadir 15 menit sebelum acara dimulai, dalam hal piket untuk cadangan malam untuk pagi harinya tetap melaksanakan apel Pagi. Selain kedisiplinan hal penting yang harus dikedepankan juga adalah etika dan perilaku kita, baik etika dalam berdinas maupun etika dalam bermasyarakat.Terkait sikap tampang kita harus bisa membedakan baik berpakaian dinas maupun berpakaian preman, Disaat kita menggunakan pakaian dinas untuk sikap tampang agar mengikuti. 


Yang terakhir adik-adik dalam bertugas kalau ada keperluan apapun harus ijin kepada seniornya, jangan kemana-mana tanpa ijin ataupun pemberitahuan. Jangan sampai beralasan yang asal-asalan agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.


Kabag SDM Kompol I Nengah Sukerna ucapkan terimakasih saya ucapkan kepada bapak Wakapolres Klungkung atas waktu yang telah diberikan kepada saya. Ada sedikit yang ingin saya sampaikan terkait dengan etika dinas dan etika profesi agar dapat dilaksanakan dengan baik jangan sampai melakukan pelanggaran. 


Terkait dengan diluar dinas agar personil jangan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan berita-berita yang tidak baik bagi institusi jangan sampai menjatuhkan citra Polri khususnya Polres Klungkung. Kemudian terkait penugasan agar adik-adik dimanapun ditempatkan laksanakan dengan baik dan lakukan dengan ikhlas karena pimpinan pasti akan menilai adik-adik semuanya.


Kasi Propam Iptu I Gusti Lanang Putra menyampaikan bahwa kita melaksanakan tugas sudah ada aturan yang harus kita pedomani yaitu perpol no 7 tahun 2022. Jadi disini kita diatur bagaimana kita beretika dalam melaksanakan tugas. Baik itu etika kenegaraan ada satu poin yang dapat saya tekankan yaitu dalam tahun politik seperti sekarang ini kita sebagai anggota polri harus menunjukan netralitas. 


Yang kedua ada etika kelembagaan dalam hal ini ketika kita berdinas harus dilaksanakan dengan baik serta berpedoman pada Tri Brata dan Catur Prasetya. 


Etika bermasyarakat jadi kita dalam bermasyarakat harus bisa menempatkan diri dan berperilaku yang baik jangan semena-mena dengan masyarakat. Etika diri sendiri terkait dengan hal ini kita sudah mengetahui beberapa kebijakan dari Bapak Kapolri seperti berperilaku hedonis. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama