Selamatkan Bumi, Polda Bali Tanam 5000 Bibit Mangrove di Pantai Teluk Terima Buleleng



Bali-Penanaman mangrove dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023, dilaksanakan di pantai Teluk Terima Desa Sumber Klampok Kecamatan Gerokgak Buleleng, yang diikuti Kapolda Bali bersama dengan PJU nya, Siswa, Guru dan Pegawai, Mahasiswa Atensi dari SMP Lab. Undiksha Singaraja sebanyak 124 orang serta puluhan personel dari Polda Bali, Polres Buleleng maupun Polres Jembrana, maupun dari Pokdarwis Dermaga Pantai Teluk Terima serta masyarakat Desa Sumber Klampok.


Sebelum dilakukan penanaman mangrove terlebih dahulu dilakukan apel bersama  yang dalam kegiatan apel ini Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., memberikan penghargaan kepada Waka Polda Bali Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana M.Si., selaku pimpinan Apel.


Saat membacakan amanat, waka Polda Bali menyampaikan, kelestarian lingkungan sangat berdampak pada eksistensi kehidupan manusia dan alam lainnya. Namun belakangan ini kegiatan penyalahgunaan dan eskploitasi lingkungan secara illegal menyebabkan kelestarian lingkungan terancam.


“salah satu ekosistem lingkungan yang sedang terancam dari adanya eksploitasi yang berlebihan adalah ekosistem hutan mangrove”, ucapnya.


Hutam mangrove merupakan ekositem dengan sifat dan bentuk yang unik serta mempunyai fungsi dan manfaat yang beragam bagi manusia dan mahluk hidup lainnya.


Mangrove memiliki berbagai manfaat bagi manusia dan lingkungan seperti habitat bagi perikanan dan biodata laut, menjadi penyumbang terbesar produksi oksigen di bumi dan penyerap emisi karbon dioksida.


"Dengan berebagai manfaat yang diberikan, tentunya harus senantiasa memelihara dan merehabilitasi ekosistem hutan mangrove demi kelestarian alam Indonesia”, sambungnya.


Disampaikan juga penanaman mangrove ini sebagai wujud nyata kepedulian Polda Bali terhadap kelestarian lingkungan mangrove, sebanyak 5.000.- bibit mangrove dilakukan penanaman pada hari ini Rabu (8/6/2023). 


“dengan turut melibatkan unsur masyarakat, pelajar, dan komonitas pecinta mangrove, sebagai wujud sinergitas Polri dan Masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan Tagline Hari Bhayangkara Ke-77 yaitu Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indoensia Emas”, katanya.


Diujung amanat yang disampaikan Waka Polda, ucapan terimakasih kepada Ditlantas Polda Bali dan Polres Buleleng selaku panitia dan seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan penanaman bibit mangrove.


Selanjutnya Kapolda Bali bersama dengan Waka Polda Bali sereta seluruh peserta apel melaksanakan penanaman mangrove yang didahului dengan penyampaian yel-yel yang diikuti seluruh peserta dengan ucapan, “ Selamatkan Mangrove, Selamatkan Bumi, Polri Presisi Untuk Negeri”  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama