Kodam IX/Udayana Gelar Upacara 17an, Ini Amanat Pangdam yang Dibacakan Kasdam

  


Denpasar - Dipimpin Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han) sebagai Inspektur Upacara, Kodam IX/Udayana melaksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan di Lapangan I Gusti Ngurah Rai, Asrama Praja Raksaka Kepaon, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, pada Senin (19/6/2023).


Dalam amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Kasdam, disampaikan bahwa seluruh anggota patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di wilayah Kodam IX/Udayana, mulai dari KTT ASEAN, AMOM, AMIM hingga ACDFM dapat berlangsung dengan aman dan lancar.


"Suksesnya penyelenggaraan kegiatan dan pelaksanaan pengamanan tentunya tidak terlepas dari sumbangsih pengabdian para anggota sekalian yang dengan tulus dan ikhlas melaksanakan tugas secara maksimal. Keberhasilan semua kegiatan tersebut semakin membuktikan bahwa Prajurit Kodam IX/Udayana yang bertugas di wilayah Bali, NTB maupun NTT memiliki nilai yang sama," ungkap Pangdam.


Terkait dalam waktu dekat, tepatnya Bulan Oktober 2023 akan dilaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali yang akan dihadiri oleh Kepala Negara/Kepala Pemerintahan dari 47 negara anggota AIS Forum, seluruh Satuan agar menyiapkan dan memelihara kesiapsiagaan operasional personel dan materiilnya.


Lebih lanjut disampaikan Pangdam, guna menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat terkait Program Literasi Digital Nasional, Pimpinan TNI bekerja sama dengan Kemenkominfo RI telah menyelenggarakan Literasi Digital di lingkungan TNI yang saat ini sedang berjalan dengan melibatkan 40.000 personel TNI sebagai peserta termasuk Kodam IX/Udayana sebanyak 2.000 personel.


"Program tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2023 mendatang secara online di wilayah Kodam IX/Udayana. Program Literasi Digital ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan seluruh Prajurit TNI dalam pemanfaatan Teknologi Digital yang dimaksudkan untuk menambah pengetahuan, pemahaman, kesadaran, kreatifitas dan kecakapan tentang teknologi digital," jelas Pangdam.


Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang yang pentahapannya sudah dimulai sejak Tahun 2023, Pangdam menegaskan kembali bahwa komitmen TNI dalam Pilkada sudah jelas yaitu bersikap netral, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.


"Dengan bersikap netral dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis berarti TNI lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan kelompok atau golongan," tegas Pangdam.


Mengakhiri amanatnya, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Kodam IX/Udayana, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung atas suksesnya penyelenggaraan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-66 Kodam IX/Udayana. Semoga kesuksesan tersebut memberikan inspirasi bagi semua untuk berbuat yang lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas pokok sesuai bidang masing-masing.


Turut hadir dalam Upacara Bendera Tujuh Belasan tersebut diantaranya  Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Danrindam IX/Udayana, Perwira Staf Ahli, LO AL, LO AU, Para Dan/Kabalak Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana, serta Para Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana se Garnizun Denpasar. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama