Hari Bhayangkara Ke-77, Kapolres Gianyar Panen 524 Kg Ikan Lele Di Subak Gaga Keramas



GIANYAR BLAHBATUH-Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada,S.I.K. didampingi Wakapolres Kompol Marzel Doni,S.I.K, M.H., PJU Polres Gianyar dan  Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama, S.H. melaksanakan panen raya ikan lele di Subak Gaga, Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh/Jumat,16 Juni 2023.


Hal ini sejalan dengan program Ketahanan Pangan Nasional yang dirangkaikan dengan Hari Bhayangkara ke-77, 1 Juli 2023, dimana Polri turut pula menyukseskan salah satu program nasional dalam hal penyediaan bahan pangan.


Dalam kesempatan tersebut Kapolres Gianyar dan jajaran memanen ikan lele jenis Sangkuriang yang telah dipelihara selama kurang lebih 2 bulan dimana dalam program ini berhasil memanen 524 Kg ikan lele yang selanjutnya dibagikan kepada anggota dan masyarakat disekitar kolam budidaya.


"Berdasarkan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding Antara Kementrian pertanian dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, POLRI memiliki tanggung jawab terhadap Ketahanan pangan Nasional.


Untuk mendukung tugas Pengamanan yang dilakukan POLRI, nota kesepahaman ini juga melahirkan Perjanjian kerjasama untuk mendukung kinerja kementerian pertanian yaitu dengan dibentuknya Satgas Pangan. Salah satu realisasi dari tugas satgas ini adalah memastikan ketersediaan distribusi pupuk dan juga bibit.


Distribusi pupuk juga perlu dilakukan penjagaan dan pengawasan hal ini dimaksudkan agar pupuk bersubsidi yang diperuntukkan bagi para petani tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat menyebabkan kelangkaan pupuk bagi para petani.


Selain itu tugas Polisi lainnya terkait hal tersebut adalah pelaksanaan pengamanan pendistribusian hasil pertanian untuk menghindari monopoli yang tentunya akan berpotensi merugikan kepentingan orang banyak. Serta berbagai tindak pidana lain yang berkaitan dengan pertanian.  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama